Push email dengan Windows Live

Email dan pemanfaatan mobile push email di Windows Live©

Kebutuhan akan informasi yang up to date di dunia bisnis ataupun kegiatan sosial lainnya saat ini hampir tidak dapat dilepaskan dari tersedianya akan akses internet. Dengan internet seseorang dapat dengan sangat bebas dan leluasa ‘tenggelam’ atau ‘menyelam’ ber-jam-jam di dunia maya hingga informasi yang dibutuhkan didapat atau tujuannya terlaksana. Email adalah salah satunya.

Email

Email adalah urat nadi internet, sebagaimana internet pada awalnya diciptakan. Saat itu internet dirancang untuk memenuhi kebutuhan untuk saling bertukar data yang dapat dikirim atau diterima secara real time (hitungan detik) diantara si-pengirim dan si-penerima di dua lokasi yang berbeda dan berjauhan melalui suatu jaringan komputer. Kebutuhan untuk saling bertukar informasi ini secara spesifik ialah berupa surat, surat elektronik, yaitu berkirim surat secara elektronik. Data yang saling bertukar berupa teks tulisan (huruf hitam di atas layar monitor, saat itu layar monitor berwarna dasar monocrome hijau) bukan warna, gambar atau suara. Bagaimana secara teknis hal ini dapat terjadi tentu saja bukan di sini tempatnya untuk dibahas, kita akan dipusingkan dengan istilah topologi, DTE, layer, IP-address dan lain sebaginya.

Generasi awal dan sekarang

Bagi para pengguna perangkat bergerak atau mobile devices yang mendukung koneksi nirkabel melalui GPRS (general paket radio service) pada sistem GSM (global system for mobile), ber-internet dapat dilakukan kapan dan dimana saja sejauh sinyal komunikasi antara alat dan penyelenggara telekomunikasi cellular ada dan cukup serta perangkatnya sendiri telah mendukung, minimal telah tersedia aplikasi WAP (wireless application protocol). Hanya saja untuk cek email harus di-pull melalui email client yang ada di perangkat atau melalui web.

Dahulu, tentu saja sebelum tehnik komunikasi berkembang seperti saat ini, para pembuat perangkat komunikasi hanya baru menerapkan teknologi CSD (circuit switched data) untuk kebutuhan ini. Dengan segala keterbatasan dan kelemahannya beberapa tehnik tersebut menjadi usang dengan sendirinya. Sekarang kita mengenal 3G (third generation) dan perangkat-perangkat lanjutannya seperti UMTS (universal mobile telecommunication system), WCDMA (wide code division multiple access), HSDPA (high-speed downlink packet data access) dan sebaginya. Istilah-istilah tersebut intinya terutama berkenaan dengan kecepatan dan fungsi-fungsi aplikasi internet nirkabel. Penjelasan singkat di Wikipedia saja.

Wikipedia, the free encyclopedia

Push Email

Tidak seperti layaknya layanan singkat pendek SMS (short message service), dimana pesan dapat diterima dengan cepat dan dengan notifikasi langsung dari perangkat. Email berbeda. Pada awalnya email hanya bisa di cek secara manual dengan cara di-pull, biasanya dijalankan melalui aplikasi email client atau masuk ke web, maka kita bisa mengakses email.

Barulah sekitar tahun 2002, sebuah perusahaan  yang berbasis di Canada melalui perangkat bergerak tertentu merevolusi dunia maya email dengan layanan teknologi push email. Saat itu hanya kalangan tertentu yang memilikinya dan saat ini dengan berbagai keunggulannya menjadi jasa layanan push email yang utama baik untuk korporasi maupun kebutuhan pribadi. Anda tentu sangat mengenalnya ‘the bb’ itu. Saya tidak menulisnya karena memang tidak memilikinya, walaupun pernah mencobanya dengan memanfaatkan perangkat yang saya punya.

Sejak diluncurkannya  Microsoft® Windows Mobile 6.0 (dan Office© 2007, sekitar Februari 2007) pada perangkat seperti Pocket PC ataupun Smartphone maka layanan push email tidak lagi menjadi dominasi ‘the bb’, dengan biaya murah dan mudah tentunya. Melalui Windows Live, push email menjadi sangat praktis tidak beda layaknya layanan ‘the bb’, setiap saat kita bisa mendapatkan notifikasi email beserta isi dan lengkap dengan attachement-nya bila ada.

Bagi yang sudah memiliki account Hotmail, silahkan skip dan langsung menuju C.

A. Pertama calon pengguna harus mendaftar account di Hotmail, silahkan daftar di Mobile – Windows Live©

B. Setelah memiliki user ID (biasanya address lengkap email yang terdaftar, seperti; username@hotmail.com) dan password barulah kita setting Windows Live di perangkat Pocket PC atau Smartphone.

C. Langkah-langkah setting Windows Live di Pocket PC (saya menggunakan dOpOd™ dan salah satu layanan Broadband):

  1. Klik Star -> Programs -> Windows Live

  1. Klik Windows Live -> Menu -> Option

Lalu drop down Sych Frequency pilih -> As item arrive

Lalu drop down Times pilih -> Always

Lalu klik ‘Done’

  1. Reset
  2. Lakukan test email ke alamat yang baru dibuat yang sudah di konfirmasi oleh Hotmail
  3. Bila semua berjalan dengan baik, maka dalam hitungan detik ‘blink’ anda akan mendapat notifikasi ‘you got mail’

6. Enjoy your push email

Selain layanan push email, dengan Windows Live kita dapat membuat jadwal synchronize calendar ataupun contact dan bahkan Outlook email di komputer utama seperti deskstop atau laptop. Jadi kita selalu dapat mengup-date email dan calendar dengan content yang sama antara PC dan perangkat mobile kita.

Hebatnya lagi anda bisa mem-forward satu atau bahkan lebih acoount email yang lain ke Hotmail sehingga anda selalu update beberapa account email sekaligus. Mengenai ini insyaallah postingan berikutnya.

Salam.

NOTE:

Dari berbagai sumber

————————–

http://tiswansenjaya.spaces.live.com

This entry was posted in Computers and Internet and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s