Phishing

 

Mengembalikan Facebook yang ‘terjerat phishing’

Bagi sebagian orang sehari atau bahkan sesaat tanpa update facebook bagaikan bencana alam artinya telah terjadi skala ‘kerugian’.

Media gaul dunia maya ‘facebook’ tampak tak terhindarkan kehadirannya dan tentu saja dengan segala dampak positive dan negative-nya (kayak ilmu listrik ya). Saat ini dunia maya adalah bagian tak terpisahkan, soul mate, dari dunia nyata.

Banyak kenyataan terjadi di dunia maya atau kalau dibalik banyak ke-maya-an atau kepalsuan juga terjadi di dunia nyata, bahkan.. lebih parah lagi banyak ke-maya-an terjadi di dunia maya. Waduh!

Apakah anda termasuk diantara puluhan juta pengguna Facebook ? Selamat! Anda termasuk kelompok besar manusia yang memiliki sifat dasar ‘gaul’ atau extrovert, sifat alamiah yang didesign agar manusia lebih pandai melangsungkan hidup. Menurut survei yang diragukan ke-valid-an-nya 80% manusia memiliki kecenderungan seperti itu. Saya sendiri rasanya berada di luar itu, menurut statistik tadi bisa diartikan kurang pandai hidup.

Lantas bagaimana seandainya tiba-tiba anda tidak dapat mengakses atau tidak dapat login ke account Facebook anda ? Ini bisa berarti telah terjadi tindak kriminal, tindak kejahatan terhadap si maya anda dengan memanfaatkan kelengahan anda. Kejahatan tidak mengenal wilayah termasuk di dunia maya, cyber crime dengan segala modusnya tidak kalah dahsyat dari kejahatan konvensional. Tapi rasanya tidak imbang kalau anda harus panik gara-gara si maya ini.

Kelengahan berakibat fatal

Maksudnya mau belajar pasang widget rank untuk sebuah blog ‘komersil’ (biar bisa masuk kelompok 80% he2x) yang tidak pernah jadi. Alih-alih sukses saya malah terjebak layanan pishing oleh sebuah nama besar, mr. a-l-e-x-a. Betul kata pepatah jangan terlalu mudah percaya kepada siapapun termasuk kepada penyedia layanan internet meskipun berbayar apalagi yang gratisan. Atau barangkali memang  saya awam dengan mr. itu.

Awalnya seperti biasa saya diminta registrasi dengan menuliskan alamat email dan password. Sesaat kemudian saya mendapatkan notifikasi dari email untuk confirm acount yang sedang dibuat. Setelah setuju jadilah ‘kado’-nya, berupa code program komputer yang saya sendiri tidak mengetahui jelas artinya. Lalu saya copy dan embed di blog, tapi ternyata gagal dan untuk sementara saya belum tahu apa penyebabnya.

Berikutnya saya coba login ke account dari mr tadi dengan memasukan alamat email dan password yang benar seperti ketika saya buat, tapi yang muncul ‘incorrect password or email’. Lalu prosedur standard saya jalankan yaitu minta reset password, karena saya berfikir telah terjadi kesalahan pribadi saya ketika memasukan data ID, kemudian saya ikuti kemauan mr. maya tersebut dan coba login lagi. Berulangkali saya coba dan selalu gagal, saya tidak lagi bisa login ke account sendiri padahal sudah mengikuti semua prosedur dengan benar. Di sinilah awal ‘phishing’ terjadi..

Pada percobaan login berikutnya saya digiring dan ditawari option untuk login dengan cara lain yaitu melalui account facebook. Meskipun ragu tapi penasaran akhirnya saya coba masukan alamat email dan password account facebook (account fb2 saya disamping fb1 tapi nasibnya sama ‘kurang atau tidak aktif’, tapi saya masih ingat datanya) saya. Tiba-tiba ‘blas’ jendela isian hilang begitu saja dan tidak tentu rimba jejaknya. Saya mulai curiga karena mr. maya begitu terburu-buru menarik data ID saya.

Benar saja! Phishing telah sukses menjerat saya. Mr. maya tetap tidak memberikan login seperti yang dijanjikan ditambah kerusakan lain yakni account facebook saya menjadi error ID. Waduh 2! ‘mode on’. Gejalanya setiap kali mencoba login ke facebook, mr. maya malah menawarkan link service miliknya yang seolah-olah juga kelihatan benar. Karena rasa curiga sudah begitu kuat akhirnya saya batalkan rayuan linknya. Dari sini paling tidak saya telah membatasi tercebur lebih jauh dari jeratan phishingnya. Walhasil dua kerugian sudah terlanjur saya alami.

Si Dia yang kembali

Segera saya mencoba memperbaiki account facebook saya, saya tidak peduli lagi dengan janji gombal mr. maya dengan ‘kado’ widget code-nya. Saat ini saya berpacu dengan sang phisher untuk dia tidak menyalahgunakan account facebook saya.

Langkah yang saya lakukan :

  1. Login ke facebook
  2. Masukan alamat email yang sesuai
  3. Pilih ‘forgot password’, jangan isi kolom password yang diminta!
  4. Ikuti prosedur selanjutnya hingga anda mendapat notifikasi melalui email untuk  mereset password lama dan menggantinya dengan password baru.
  5. Masukan password baru dari website facebook, jangan pernah mengisi atau merubah password melalui email! karena ini pasti bentuk phishing yang lain.
  6. Setelah sukses dengan password baru, segera login ke account facebook anda yang hilang dan ‘blink’ anda sudah mendapatkan kembali account facebook anda dari sang phisher.
  7. Belum cukup!. Segera ganti alamat email account facebook anda melalui menu setting dengan alamat email anda yang lain, sehingga si penjerat phishing akan kesulitan menelusurinya kembali.
  8. Berhati-hatilah terhadap kejahatan pencurian ID maya anda.
  9. Selalu lindungi account facebook anda walaupun anda jarang mengaksesnya.

Go to hell phishing!

This entry was posted in Computers and Internet and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

