Blokir portal dengan OpenDNS


Para pengguna internet yang baik biasanya membatasi akses internetnya terhadap situs atau web atau portal yang dianggap ‘negatif’ atau ‘berbahaya’ seperti situs porno, sara, teroris dan tema-tema lainnya bahkan beberapa situs jejaring social dapat dibatasi penggunaanya bila perlu.

Salah satu cara memblokir portal-portal itu adalah dengan mengatur DNS saat koneksi ke internet. Dalam hal ini OpenDNS menyediakan fasilitas public DNS mereka untuk digunakan secara umum sebagai pengganti DNS dari provider (ISP) kita. DNS dari ISP biasanya tidak memiliki filtrasi terhadap tema-tema tertentu.

Pertama, masuk ke OpenDNS dan registrasi, Anda akan diminta mengisi form data untuk mendapatkan user ID dan password. Persetujuan oleh pihak OpenDNS akan dikirim via email dan kita diminta konfirmasi, bila benar kita akan diberi account.


Selanjutnya kembali masuk  ke OpenDNS, lalu ‘sign-in’ dengan ID dan password anda maka jendela akan membawa ke account yg telah anda buat. Anda akan mendapatkan identitas dari IP addresss yang anda gunakan saat ini, kemudian set IP address ini untuk ‘di-OpenDNS-kan’ lalu tambahkan sebagai network anda. Anda bisa melakukan perubahan atau mengedit nama dari network IP address yang baru anda tambahkan ini.

Masuk ke menu ‘setting’ untuk merubah filtrasi yang anda inginkan, misalnya memblokir situs-situs tertentu. Lalu ‘Save’ dan tunggu 3 menit untuk proses selanjutnya dijalankan oleh OpenDNS. Keluar (sign-out) dan tutup browser anda.


Saatnya anda merubah setingan DNS di komputer (perangkat) anda, yang mana IP address dari ISP anda sudah di ‘Add Network” dan dalam kondisi ‘on-filtrasi’ oleh OpenDNS.



Set DNS ke OpenDNS:

Prefered DNS server:
208.67.222.222

Alternate DNS server:
208.67.220.220

Lakukan percobaan dengan browser anda. Melalui search engine seperti Google atau Yahoo ketik kata ‘porn’ atau tema lainnya yang termasuk dalam filtrasi, selanjutnya akan muncul hasil pencarian. Klik salah satu web hasil pencarian tadi dan akan muncul ‘peringatan blokir’. Begitu juga bila anda memfilter jejaring sosial maka anda tidak akan bisa ber-Facebook ria atau Twitter dan lainnya.

Sebagai catatan bahwa display ‘peringatan blokir’ bisa berbeda tergantung browser yang anda gunakan.




This entry was posted in Computers and Internet and tagged . Bookmark the permalink.

4 Responses to Blokir portal dengan OpenDNS

  1. sofie says:

    cobain ah….🙂

  2. sofie says:

    cara buat buka blokiran nya gimana nih…🙂 hehhee…..😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s