External Harddisk Tidak Dikenal

Pada awalnya saya membeli 250GB external harddisk 2.5” SATA merek Fujitsu/Toshiba MJA2550BH dan recognized di Vista saya. Kemudian saya bermaksud me-repair XP (CR) di desktop dengan CD original (jadi bukan re-intall) karena terlupa dan belum ketemu CD-nya lalu saya coba melakukan clonning menggunakan MiniToolDriveCopy dari salah satu desktop yang terintal XP original ke desktop yang XP (CR). Proses berjalan baik, saya sekarang memiliki dua komputer dengan system yang sama persis alias kembar.

Lalu apa hubungannya dengan external harddisk tadi ? Betul. Saya bermaksud mem backup atau tepatnya meng-clone hasil clonning-an dari harddisk 3.5” SATA desktop ke external harddisk 2.5” SATA. Kembali proses berjalan lancar, saya sekarang memiliki 3 kembaran harddisk yaitu dua di 3.5” dan satu di 2.5”. Lalu saya coba lihat hasilnya di Vista laptop. Apa yang terjadi ?? External 2.5” harddisk saya hilang ! Saya coba periksa melalui Device Manager pada Disk Drive terbaca ‘Generic External USB Device’ tapi di Computer atau explorer tidak ada! Wah.. saya terancam kehilangan data lain di partisi external harddisk saya disamping partisi kembaran-3.

Langkah pertama, saya lepas console dan saya gunakan ‘powered SATA to USB daptor’ lalu saya periksa melalui Device Manager, hasilnya di Disk Drive terbaca ‘Fujitsu MJA2250BH’ aha!.. akhirnya harddisk saya kembali dikenal bahkan dengan initial aslinya yaitu Fujitsu. Tidak sabar saya buka melalui explorer dan.. blank ! Saya coba menggunakan HDD Tools hasilnya sama.. blank ! harddisk tidak ada! Jadi Vista laptop saya hanya mengenal saja tapi harddisk tidak bisa dibuka. Saya coba jalankan menu ‘enable’ hasilnya Windows can’t enable your device ! Prustate ! My hardisk was really gone, I have to reformat it.. oh sad. .

Saya coba napak tilas apa sebenarnya yang baru terjadi ? Saya membuat beberapa asumsi:

  1. Telah terjadi update system di external harddisk
    yaitu sistem yang berasal dari XP saat proses clonning.
  2. Saya telah merubah ‘drive attributes’ dari partisi yang
    menyebabkan konflik sesama drive dan akhirnya tidak terbaca.
  3. USB driver Vista
    perlu di update.
  4. Saya melepas harddisk tidak melalui ‘safely remove
    hardware’ sehingga terjadi corrupt.

Lalu bagimana menyelamatkan  Fujitsu saya ? Seperti biasa saya minta bantuan Om Google, hasilnya berlembar-lembar halaman yang lengkap dan detail saya dapatkan. Mengerikan. It is hard problem, kalau mau baca silahkan download Troubleshoot external HDD – 4Shared . Dan ternyata banyak kasus yang sama yang juga dialami banyak orang. Kemudian saya coba tutorialnya step by step mulai dari melakukan restart, jalankan HDD Tool, chek dan update driver dan sebaginya, semua itu memakan waktu berjam-jam di depan komputer. Hasilnya.. NIHIL ! Saya telah terlalu gegabah membuat clonning di harddisk saya dan sekarang menerima kutukannya.

Sampai suatu saat saya kembali   masuk Device Manager dan memeriksa ‘Universal Serial Bus Controllers’. Saya hilangkan atau saya uninstall ‘USB Mass Storage Device’ dan ‘USB Root Hub’ (semuanya! total ada 4 USB Root Hub). Lalu saya lepas external harddisk saya kemudian restart. Komputer kembali menjalankan ‘installing new hardware’. Saya masuk lagi ke Device Manager dan terbaca kembali ‘USB Mass Storage’ dan 4 ‘USB Root Hub’, lalu saya connect kembali external harddisk saya ke laptop Vista. Komputer melakukan ‘search, installing and FOUND! New harware’.

Binggo ! I supposed that my harddisk just come back ! Segera saya buka explorer. Benar saja external harddisk saya telah kembali lengkap dengan partisi dan datanya. Thanks God. Saya jalankan Disk Management hasilnya beberapa partisi dan kondisinya terbaca. Dari sini ternyata ada satu partisi dan saya menduganya partisi hasil clonning yang bermasalah tadi belum memiliki drive attribute. Kemudian saya ganti drive attributenya lalu periksa lagi. Perfect! Semua telah kembali normal. Harddisk saya dikenal dan dapat dibuka.

Kesimpulan:

  1. Jangan pernah melepas external harddisk tanpa safely
    remove hardware.
  2. Clonning harus di system yang sama, contoh XP ya di XP
    juga.
  3. Lakukan update driver bila perlu.
  4. Keep cool.
This entry was posted in Computers and Internet and tagged . Bookmark the permalink.

2 Responses to External Harddisk Tidak Dikenal

  1. Fachri says:

    gan bant gw juga dong, hdd dari xp tak jadiin eksternal untuk di windows 7

Leave a Reply

