Folder Lock

Tidak dipungkiri data pribadi perlu dilindungi dari penyalahgunaan oleh pihak lain. Dalam hal ini data yang dimaksud adalah data yang tersimpan di hardisk komputer atau di media penyimpanan lain.

Lazim kita mengelompokan data dalam suatu folder, nah folder inilah yang akan kita lindungi dengan menggunakan software tool Folder Lock buatan  New.Software.Inc selanjutnya kita singkat FL.

FL memiliki 2 jenis proteksi yaitu encrypt dan lock. Encrypt berfungsi melindungi data yang ada di dalam folder sehingga tidak bisa di-open, copy atau delete tanpa memiliki password yang benar. Lock berfungsi meng-hide folder sehingga tidak tampak di komputer.

Caranya mudah, jalankan FL lalu buat “new”, secara otomatis FL akan membuat atau mounting suatu ruangan semacam partisi dengan nama Locker01.flk di drive C di dalam folder Documents, kemudian masukkan password. FL akan terbuka dengan jendela pilihan encrypt atau lock, lalu add folder atau file yang akan diprotek bila sudah yakin lalu close.

Sekarang Locker01.flk bisa kita edit untuk dirubah namanya, diperbesar kapasitas simpanannya atau bahkan didelete dan yang menarik folder tersebut bisa dicopy dan atau dipindahkan ke portable media lain seperti USB flash memory, memory card atau external HDD selama kapasitas simpannya memungkinkan.

Bila folder di portable media telah dibuat maka secara otomatis media tersebut memiliki system FL portable. Dengan feature ini kita bisa membuka folder di komputer lainnya dan tentu saja terlindungi.

This entry was posted in Computers and Internet and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s