Sandboxie

Pasir Jebakan

Legenda atau mitos atau cerita dari dunia Arab begitu kaya, salah satunya yang terkenal adalah ‘Hikayat 1001 Malam’, disana didapat cerita tentang pemuda Aladin yang cerdas dan tampan, Alibaba, Syeikh Juha atau Abunawas yang lugu tapi cerdik, lalu cerita exotisme kota Baghdad nan indah, kisah para Sufi yang bersahaja, serta cerita orang-orang Arab yang kabarnya  ‘perkasa’, gadis penari perut bercadar jingga, para penyamun sakti, ahli nujum  dan sebagainya. Tapi ada cerita lain dari negeri padang pasir ini yang berbeda, disamping cerita sejarah para nabi agama-agama, tetapi bukan cerita perebutan ladang minyak, bukan pula cerita peperangan antar golongan tapi kisah trauma ‘Pasir Jebakan’ atau pasir maut.

Ya pasir jebakan lebih bercerita tentang pecundang jahat yang hilang ditelan pasir atau lenyapnya gerombolan penjahat yang mau memakan mangsanya atau bahkan kabar burung para voluntair oportunis pencari harta karun yang berusaha selamat dari keganasan lautan pasir. Semuanya cerita gelap dan mengerikan berbeda dengan cerita Si Pandir Cerdas seperti hikayat di atas. Di sini hampir semua yang bermaksud jahat akan gagal dan lenyap ditelan jutaan butiran pasir yang sangat ganas. Dalam banyak kasus manusia pun sejatinya bisa terjebak dalam ganasnya lautan pasir kehidupan..

Tapi yang saya maksudkan bukan semua itu, bukan, tetapi artikel tentang penggunaan aplikasi tool untuk proteksi terhadap komputer anda. Barangkali mindsetnya mirip-mirip dengan cerita di atas.

Sandboxie

Sandboxie adalah salah satu tool proteksi untuk komputer anda, sandboxie adalah pasir maut bagi penyusup yang bermaksud jahat. Terutama sekali bila komputer anda sering terhubung ke internet atau transfer data dari media luar yang rentan terhadap para penyusup virus, spyware, malware, adware dan berbagai bakteri dan kuman file asing.

Cara kerja sanboxie cukup sederhana. Setelah diinstall di komputer anda, maka di komputer anda akan terbentuk semacam virtual partisi baru yaitu di hardisk anda. Melalui setting menu, anda dapat menentukan program atau aplikasi apa saja yang akan diproses melalui sandboxie ini. Intinya semua operasi yang melibatkan file atau data yang diproses pada aplikasi yang sudah ditentukan akan ‘diparkir’ sementara di suatu ruangan yang telah disediakan yaitu ruang partisi virtual yang dibuat oleh sandboxie. Ruangan ini kedap dan terpisah dari system hardisk yang sesungguhnya di komputer anda, mungkin juga bisa diartikan semacam karantina atau apalah.

Nah bila anda telah selesai menjalankan program yang anda maksud maka sesungguhnya anda belum benar-benar dapat menyimpan hasil pekerjaan anda. Seluruh hasil pekerjaan anda untuk sementara masih diparkir di ruang virtual partisi. Di sinilah letak point-nya. Seandainya ketika anda sedang melakukan atau menjalankan aplikasi tadi ternyata bermasalah, misalnya menyebabkan penyebaran atau peng-aktifan virus maka system anda tidak secara langsung rusak atau dengan kata lain belum terganggu, karena seperti saya bilang tadi semuanya berlangsung di chamber khusus.

Anda dapat men-delete semua jejak pekerjaan anda yang baru saja anda jalankan via sandboxie, sehingga ruangan virtual kosong dan steril kembali tanpa ada perubahan terhadap system anda. Namun begitu, ada menu khusus di sandboxie yang bisa mentransfer data hasil pekerjaan yang berjalan via sandboxie dan secara permanen dapat disimpan di system kita.

Saya menggunakan sandboxie terutama ketika menjalankan browser, meng-extract file zip, dan terutama untuk me-run aplikasi baru yang belum dikenal untuk kemudian saya tentukan apakah perlu dimasukkan ke system komputer secara permanen atau membuangnya kembali ke kotak sampah.

Selamat mencoba.

This entry was posted in Computers and Internet and tagged . Bookmark the permalink.

2 Responses to Sandboxie

  1. harvest says:

    tq lagi infonya…
    data kita jd aman y pak, g akan kena virus
    tp semua virus terdeteksi nggk?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s