Ads by Google

Pada tanggal 29 lalu tanpa sengaja ketika saya sedang berada di ’Zurich’ saya membuka-buka blog saya, ehh kaget, di salah satu postingan saya berjudul ‘Abadi’ ada gambar burger yang menggiurkan, ternyata ini adalah gambar yang dimunculkan diam-diam oleh Google Ads. Padahal seingat saya , saya gak pernah minta ke Google untuk dipasangkan atau mengijinkan mereka memasang iklan di blog saya.

Google sepertinya melakukan tindakan sepihak dengan cara seperti itu. Google tentunya mendapat fee dari ‘si pemilik burger’, sementara saya sebagai ‘pemilik blog’ tidak mendapatkan konpensasi apa-apa.

Anehnya pada kesempatan lain saya buka di halaman yang sama, iklan tidak nampak lagi, sesekali muncul lagi. Kayaknya mereka ‘menayangkannya’ secara temporary dan random.  Mungkin itu trik mereka biar ga ketahuan si mpunya blog. Kadal juga. Sayangnya saya lupa, saya tidak mencatat IP saya ketika itu.

Tak pelak.. bila anda sedang dalam kondisi lapar lalu tiba-tiba disuguhi gambar burger tadi, maka setidaknya gambar burger langsung tertancap di otak anda untuk melengkapi data base menu makanan pada saat diperlukan, lalu begitu anda beranjak keluar, otak anda segera memerintahkan kaki anda untuk bergerak ke salah restoran franchise yang menjual burger tersebut. Iya kan ? Dan iklan  diam-diam ‘Ads by Google’ telah berfungsi menjalankan misinya dengan gratis !.

Jadi bagi para pemilik blog sadarilah bahwa blog anda sebenarnya bisa saja dipenuhi dengan iklan-iklan semacam itu (tanpa sepengetahuan dan persetujuan anda) bila blog anda dibuka di ‘lokasi’ atau time zona yang berbeda. Wah.. kalau iklannya parno gimana ?

WP telibat ga ya ? Ah dunia maya..

This entry was posted in Computers and Internet, Opini and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

