Clear

Melakukan Clear IC CMOS Pada Motherboard – Mengatasi Komputer Mati

Karena sesuatu yang ‘mendadak’ seringkali komputer lantas menjadi ‘mogok’ alias tidak mau hidup atau restart lagi. Mendadak disini maksudnya adalah komputer mengalami power off secara mendadak dikarenakan mati lampu atau listrik mengalami shutdown, sementara komputer anda tidak ‘dilindungi’ UPS sehingga langsung ‘mati’ dan ga mau hidup lagi.

Komputer dilengkapi dengan semacam IC ‘pengingat’ yang meng-identifikasi terhadap seluruh kelengkapan system hardware yang dimilikinya yang ‘tertanam’ di motherboard. Komponen atau hardware utama dari motherboard (selain IC Processor) adalah: BIOS, RAM, Chip Set (graphic dan sound), driver: harddisk, CD/DVD ROM, flopydisk, ethernet dan sebagainya. Nah seluruh data atau informasi dari komponen-komponen tersebut tersimpan dalam memory IC CMOS. Bila ‘sang pengingat’ ini ‘gagal’ mengingat data dari salah satu komponen tersebut maka komputer tidak bisa hidup.

Selain dikarenakan power off mendadak tadi, hal lain yang dapat mengganggu system ingatan CMOS adalah baterai CMOS sudah lemah sehingga semua data ‘menguap’ setiap saat komputer mati atau tanpa daya listrik, penyebab lainnya adalah bila System Registry (Windows) terganggu karena virus atau proses abnormal lain.

Untuk tetap mampu menyimpan memory ‘ingatannya’, CMOS dilengkapi dengan battery kecil khusus. Battery ini diperlukan karena sifat ‘volatile’ dari memory CMOS yaitu ‘mudah menguap’ bila tidak ada supply listrik, tidak seperti hardisk yang non volatile atau media memory lainnya yang tetap bisa menyimpan data meskipun tanpa daya listrik atau battery.

‘Ingatan yang gagal’ yang tersimpan di CMOS yang menyebabkan komputer tidak mau hidup tersebut harus dibersihkan atau di-clear dan diisi dengan ‘ingatan asli yang benar’.

Cara ‘membuang ingatan gagal’ tersebut yaitu dengan cara mencabut dan memindahkan ‘sementara’ posisi CLR (clear) jumper CMOS ke posisi pin 2 dan pin 3. Saat kondisi normal Jumper CMOS berada pada posisi pin 1 dan pin 2.

  1. Pastikan seluruh aliran listrik dilepas dari komputer, setelah itu lepas casing.
  2. Cari posisi ‘Jumper CLR’ CMOS. Posisi CLR ini biasanya berada dekat dengan dengan IC CMOS tersebut. Cukup mudah untuk membedakan IC CMOS dengan komponen IC lainnya, umumnya IC CMOS terpasang melalui ‘shocket’ IC dan tidak disolder langsung ke PCB, sehingga IC CMOS dapat dilepas dan dipasang secara manual.
  3. Lepas dan pindahkan jumper tersebut ke posisi CLR, yaitu posisi antara pin 2 dan pin 3.
  4. Hidupkan komputer hingga terdengar bunyi ‘BIP’, biarkan sesaat untuk memberi kesempatan CMOS meng-identifikasi system motherboard dan memperbaharui ingatannya, lalu ‘tekan dan tahan’ tombol power hingga komputer mati ‘tanpa mendadak’.
  5. Cabut listrik dari komputer dan kembalikan posisi jumper ke posisi normal, yaitu antara pin 1 dan 2. Tutup casing.
  6. Pasang listrik dan hidupkan komputer lalu tekan DEL untuk menjalankan setting BIOS, lalu pada menu BIOS pilih: Optimise Default. Langkah selanjutnya tekan F10 (Save And Exit) untuk menyimpan ke memory CMOS dan keluar.
  7. Selanjutnya CMOS akan akan kembali membaca (dan mengingat) seluruh setting system di motherboard dan menjalankan komputer kembali secara normal.

Pada situsi tertentu, manusia juga perlu me-reset atu meng-clear ingatan-ingatan atau langkah-langkah yang salah atau tidak singkron dengan kebiasaan-kebiasaan hidup manusia normal yang diterima secara umum oleh nilai-nilai kehidupan yang bermakna, sehingga harmoni dengan fitrah illahi. Bersih dan terang.

Semoga bermanfaat.

This entry was posted in Computers and Internet, Opini and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s