Optimalisasi BIOS

BIOS merupakan interface antara hardware dan software dari sebuah komputer atau PC. BIOS menjembatani keseluruhan sistem komputer sehingga komputer berfungsi dengan baik.

Peta sistem komputer: Aplikasi – API – OS – BIOS – Hardware.

Kehandalan sebuah komputer yang berfungsi dengan baik dicirikan dengan kecepatan, kestabilan dan kompatibilitas yang tinggi. BIOS dapat disetting dan diupgrade. Setting BIOS yang optimal akan memberikan efek yang optimal  juga pada keseluruhan sistem komputer, begitu juga sebaliknya, ‘kesalahan’ setting BIOS akan menyebabkan sistem komputer bekerja tidak sempurna seperti: lambat, crash, hang dan sebagainya.  Tapi setting BIOS yang ‘sempurna’ juga bukan jaminan kumputer berjalan dengan baik bila software (OS, aplikasi, atau driver) yang diinstall bermasalah seperti; corrupt, virus, bug, out of date dan sebagainya.

BIOS terintegrasi dengan motherboard, motherboard yang sama bisa saja memiliki BIOS dengan versi yang berbeda, atau versi BIOS yang sama bisa saja terintegrasi dalam beberapa motherboard yang berbeda. Disinilah perlunya kompatibiltas saat melakukan upgrade BIOS ke versi (firmware) yang lain atau versi terbaru  atau dalam terminologi lain dikenal dengan istilah flashing.

Catatan bahwa firmware yang akan digunakan untuk upgrade atau flashing harus benar-benar berasal dari sumbernya yaitu perusaan pembuat BIOS (BIOS dibuat oleh pihak ketiga AMI, Award dan atau Phoenix). Hindari menggunakan firmware, sekalipun sama versi, yang bukan dari pembuat BIOS seperti dari web, mirror link atau sumber lainnya. Hal ini terutama berhubungan dengan garansi kompatibilitas dan security. Kesalahan pemilihan firmware yang tidak sesuai dapat menyebabkan masalah pada komputer, bahkan bisa menyebabkan komputer menjadi tidak berfungsi.

Berikut adalah sebagian informasi singkat berkenaan dengan optimalisai setting BIOS. Menu setting mungkin tidak sama pada beberapa kasus.

Gambar diambil dari Gigabyte

Optimalisasi BIOS

This entry was posted in Computers and Internet, Opini and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s