Simple, Secure and Flexible: The Net Cafe – GAME ONLINE

Dimanakah kira-kira anda akan temui bocah-bocah atau ABG yang begitu keranjingan mendatangi suatu tempat berkali-kali dalam 1 hari,  berlama-lama menghabiskan waktu dan uang jajan mereka serta memeras pikiran ? dan anehnya dengan rutinitas seperti itu mereka sepertinya tidak pernah mengalami kelelahan, bahkan mereka begitu menikmati, berteriak bersorak dalam suasana kesenangan yang hingar-bingar. Bahkan bisa jadi mereka tidak pernah ingat jadwal makan siang mereka. Ini suatu dunia maya yang GILA !.

Siapa mereka ? Mereka adalah para pengabdi game online. Game Devoted. Kebanyakan diantara mereka adalah anak-anak yang memiliki kemampuan berfikir lebih baik dan berbakat, dan jangan salah.. nilai pelajaran matematika mereka juga di atas rata-rata, jika tidak.. mereka akan banyak menemukan kesulitan saat memainkan kesenangan mereka. Nyatanya bocah-bocah itu memang sangat kreatif dan penuh semangat. Hari-hari mereka selalu penuh warna dan ceria.

Tentu anda sudah tahu jawabannya soal pertanyaan di atas. Ya. Kita bisa menemui mereka di GAME CENTER. Boleh dipercaya, mereka hanya akan berhenti secara terpaksa untuk sementara waktu bila tempat mereka bermain bermasalah, misal: internetnya putus [disconnect], komputernya rusak atau mati lampu, atau uangnya habis dan yang terkahir, ini yang paling bikin mereka keki.. bila orang tua mereka tiba-tiba nongol menjemput dan menyuruh mereka pulang. Belajar ! Sekolah ! Ngaji ! Makan !. Kata-kata itu akan terngiang-ngiang di kuping mereka sambil berlalu meninggalkan game center tercinta mereka, dikawal ibunda atau ayahanda dari belakang..

Game center seperti apakah yang sedang saya bicarakan ? game center yang selalu ramai pengunjung, tetap terjaga dan relatif tidak banyak menemui masalah. Letaknya pada sistem komputer itu sendiri, yaitu: simple, aman dan fleksibel, serta yang terpenting adalah memenuhi kemauan pengunjung dan kemudahan pengelola. Anda ingin mencoba membuat game center ?

Anda harus mempersiapkan:

  1. Internet kecepatan tinggi, tidak bisa ditawar. Misal 1mbps untk maksimal 10 komputer.
  2. Tidak harus menggunakan komputer yang canggih, itu mitos !. Rakit saja komputer yang standard: tidak perlu graphic card [cukup on board], tidak perlu router, tidak perlu server, tidak perlu anti virus, RAM 1GB [Set Frame Buffer BIOS untuk GPU 8MB], HDD 100GB, AMD 3GHz, support USB flash, pilih keyboard yang kokoh, tidak perlu stabilizer [Module PSU sudah cukup]. Investasi anda akan banyak berhemat dengan semua seleksi komponen di atas. Game-game PC modern telah dirancang untuk sedapat mungkin bisa berjalan di flatform PC yang standard, selain itu motherboard [Processor dan Chip Set] versi sekarang sudah cukup baik untuk mendukung berbagai macam game 3D.
  3. Install 3 game saja: PB, CF dan CS, inilah game-game mesin uang !. Bila kurang tambahkan DoTA [WoW], RF, Luna / Celestia, GF dan Ayo Dance. Mau lebih banyak lagi tambahkan: Rohan, Avalon, Granado, Atlantica dan PW. Sudah cukup, kalo penasaran download saja AVA atau CC, NFS, PES, FIFA, FM. Set browser ke situs flash game semisal Friv atau Kizi. Siapkan juga beberapa game offline atau LAN seperti: HON, CSCZ, Max Payne, Assaultcube, AoE II, The SIMS, Amazing World, SMB, Gods vs Humans, Plants and Zombie, N – The Ninja, United Football dan sebagainya.
  4. Pasang monitor LCD 17” format 3:4, jangan gunakan wide monitor 9:16. Pasang speaker stereo 15W [bukan headphone !]. Gunakan kursi yang kuat, lentur dan nyaman, siapkan meja warna terang datar tanpa partisi. Terangi ruangan dengan lampu yang cukup dengan lampu TL Cool Day. Hidupkan exhaust dan fan [AC tidak perlu].
  5. Software: MS Windows XP SP3, Windows Steady State, Microsoft Security Essential dan Deepfreeze. Tidak perlu billing, pakai saja freeware timer. Install USB Vaccine, Winpop LAN Messenger dan Desktop Manager bila perlu. Tambahkan YM, WL Messenger, ICQ atau Skype.
  6. Proteksi: Buatlah 2 partisi HDD komputer anda: 1. C untuk sytem dan 2. D untuk data. Buatlah 2 user account di C: 1. Admin dan 2. Client. Tutup akses tertentu ke sistem komputer. Buatlah koneksi DNS Filter sehingga anda mudah mengontrol [membuka atau menutup layanan web tertentu] penggunaan browser network client anda. Kunci gateway modem anda [192.168.1.1] melalui add-on browser. Matikan fungsi History dan Save Password browser anda [set ke mode private]. Matikan tombol Restart pada CPU, sisakan hanya tombol Power On saja.
  7. Jadilah anda seorang gamer sekaligus admin dan engineer, maka anda akan menjadi Good Fathernya mereka untuk waktu yang lama. Bila komputer anda tidak cukup untuk melayani jumlah pengunjung, maka percayalah mereka akan rela mendapatkan nomor antrian untuk berjam-jam menunggu hingga batas waktu bermain tiba, sama sekali tidak terpikir ke lain hati.. Mereka merasa bermain begitu nyaman layaknya bermain di rumah dengan teman-teman mereka, dengan segala kebebasan dan keramahan.
  8. Siapkan makanan dan minuman sehat yang bisa mereka beli untuk menjaga kondisi pisik mereka selama berada di game center. Bila perlu siapkan Voucher dari penyedia game online seperti Lyto, Gemscool dan Megaxus. Ini semua akan ‘menahan’ mereka tetap di lokasi anda.
  9. Promosikan bila ada game baru, bila perlu buatkan ID untuk mereka coba secara gratis. Beri mereka reward atau coupon sebagai bonus bila quota kunjungan sudah cukup banyak, bisa berupa free time atau sebotol softdrink. Mereka akan sangat senang.
  10. Lakukan up-date atau patching program-program game online atu program security lainnya secara teratur di luar waktu kunjung. Matikan seluruh layanan Automatic Up-Date.
  11. Jadikan game center atau net café anda untuk membawa misi edukasi bagi masyarakat sekitar, dengan berbagai aplikasi komputer lainnya yang bermanfaat dan mencegah situs-situs negatif. Jangan segan-segan memberikan potongan harga bila kebutuhan kunjungan mereka menyangkut tugas sekolah atau siswa. Beri waktu lebih secara gratis bagi para pengunjung pemula, ajari dan bimbing mereka, mereka akan sangat berterimakasih dan akan kembali berkunjung di kesempatan berikutnya. Teknologi selayaknya diterima dengan baik dan bijak.

Keuntungan:

  1. Maintenane relatif lebih mudah.
  2. Penggunaaan daya listrik yang rendah.
  3. Pengunjung tidak akan berkutik dengan komputer anda untuk hal-hal yang tidak perlu dan merusak, tapi mereka tetap bebas dengan kesengan game online dan kebutuhan komputer lainnya seperti social network, download, USB flash, MS Office dan sebagainnya.
  4. Secara keseluruhan berarti menghemat pengeluaran dan meningkatkan pemasukan.
  5. Kalkulasi: 20 PC x 15 jam/hari x Rp 4.000.-/jam x 30 hari/bulan = Rp 36 Jt / bulan dan anda tetap happy. Siapa mau ?

Selamat mencoba !.

This entry was posted in Computers and Internet, Hobbies, Opini and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s