Menghapus file yang terkunci

Untuk keamanan file, saya menjalankan fitur enkripsi yang tersedia di Windows7 yaitu BitLocker Drive Encryption ke folder yang ada di partisi hard drive saya (NTFS, Windows7 Ultimate 64-bit). Entah kenapa, beberapa waktu kemudian folder saya sebagian menjadi tidak bisa dibuka, adapun folder yang bisa dibuka tapi sebagian file malah terkunci, meskipun sebagian lainnya bisa normal kembali dibuka.

File-file yang terlanjur terkunci ini sangat penting bagi saya dan terlanjur memakan ruang harddisk yang cukup besar di laptop yang saya pakai (Acer Aspire 4732Z), tapi kalo tidak berfungsi –gak bisa dibuka, untuk apa ? Saya berusaha mendelete tapi ga bisa-bisa, saya coba cara lain; saya menonaktifkan service explore melalui Windows Task Manager, lalu menjalankan command promt, dari sini saya meremove dan mendelete direktori yang saya maksud, tetapi tetap tidak bisa !.

Jalan terakhir yaa.. di format ulang partisinya, pasti bisa !, tapi saya tidak mau. Frustasi dengan Windows 7, akhirnya saya berfikir untuk balik ke XP lagi yang memang sudah ramah dengan saya. Setelah mengatur partisi lalu saya instal Windows XP (SP2 32-bit) favorit saya sembari tetap menyelamatkan partisi folder yang terkunci agar tidak terformat tanpa sengaja. Setelah selesai instal, saya langsung melakukan update ke SP3 lalu mulai lagi mencoba membuka folder dan file yang terkunci, penasaran. Hasilnya sama ! ga bisa dibuka, ga bisa didelete !. Huh…

Karena saya pikir saya punya backupnya di media storage lain, jadi saya putuskan untuk mendelete saja file-file itu melalui XP yang baru saya instal siapa tahu bisa ?, tapi ga mudah dan tetap gagal sodara-sodara. Berkali saya coba, tetap tidak bisa, ternyata hasil enkripsi BitLocker ini sangat kuat dan sulit untuk direstore ulang dengan cara-cara biasa, saya lalu mencoba beberapa tools seperti FileShredder, Eraser, Lockhunter, PCShredder, Divfinst, MoveOnBoot, Unlocker dan IObitUnlocker tapi folder dan file yang terenkripsi itu tetap saja tidak bisa dihapus dan dibuka.

Bencana ini dimulai dari fitur keluarga OS Windows maka pada kondisi galau terakhir saya menyerahkan masalah ini dan mengembalikannya ke cara-cara dan metode OS ini sendiri, karena terbukti beberapa tools pihak ketiga untuk mengatasi masalah saya ini tak berbuah hasil, gatot ! alias gagal total, mereka tak berkutik mendobrak BitLocker miliknya Windows 7 tadi. Disamping system OS yang tidak sama, yaitu diawali dari Windows 7 Ultimate 64-bit dan sekarang dioprek-oprek Windows XP SP3 32-bit ! tentu saja perlu banyak penyesuaian antar dua keluarga besar ini.

File-file yang tekunci ini adalah hasil perbuatan Windows 7 -sudah barang tentu dengan ownernya tersendiri waktu itu, sementara rumah yang sekarang yang mereka tempati ini adalah rumah baru yaitu XP, dimana tuan rumah ini tidak memiliki wewenang dan memang tidak berdaya untuk mengobok-obok mereka. Tidak ada lain kecuali satu, darurat Kekerasan ! Represif ! TITIK !. Meskipun berbagai cara kekerasan ini sudah dicoba sedari awal yang kesemuanya tidak membawa hasil alias nol besar. Berarti ada alternatif cara lain, cara yang bukan cara kekerasan, tetapi mencoba cara persuasif, cara lembut dan menyentuh yaitu bagaimana si sang tuan rumah yang baru ini dapat diakui dan mendapat wewenang menjadi owner baru yang memiliki otoritas penuh terhadap file-file ini sebagimana file-file ini diowneri oleh owner lain sesaat sebelum dienkripsi.

Ini langkah-langkah menyentuh tadi:
1, Klik kanan pada folder yang terkunci, lalu klik Properties
2, Klik Security, klik Advance pada Permition for Administrator
3, Klik Owner pada Advanced for Security Setting Document
4, Pilih owner dari Change owner to:
5, Ceklis pada kotak Replace owner on subcontainers and objects
6, Klik Apply, klik OK
7, Selesai

Buka folder hasil penggantian owner barusan, dan nampaklah terang benderang, nampaknya file-file yang terkunci di dalam folder ini tadi sudah kembali seperti sedia kala, bisa dibuka, didelete, dicut, dimove atau diobok-obok lainnya.. jinak seperti yang saya mau.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

This entry was posted in Computers and Internet, Opini and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Menghapus file yang terkunci

  1. hari says:

    Ampuh bingiiittttssss…akhirnya bisa ke delete tu folder.
    Thanks

Leave a Reply

